New post

           

Cari Disini

Penanda Objek Tidak Langsung


๐ŸŒธ Penanda objek tidak langsung ๐ŸŽŒ

Ohayou...
kali ini kita akan membahas tentang

PARTIKEL NI SEBAGAI PENANDA OBJEK TIDAK LANGSUNG

masih tentang pembahasan fungsi partikel NI. Kali ini fungsi dari partikel NI yang akan dipelajari adalah sebagai penanda objek. Objeknya adalah penerima dst sebagai titik akhir atau tujuan akhir.

๐ŸŒธ ๆ–‡ๅž‹ Bunkei - pola kalimat :
ๅ่ฉž ( objek ) ใซๅ่ฉž ( benda ) ใ‚’ ๅ‹•่ฉž。
Meishi ( objek ) ni meishi ( benda ) o doushi.
kk ( memberi ) kb ( benda ) kepada kb ( objek )

Struktur Kalimat :

๐ŸŽŒ ๆƒ…ๅ ฑ Jouhou - informasi :
Partikel NI dapat digunakan sebagai penanda objek tidak berlangsung ( tidak langsung ). Partikel Ni diletakkan di belakang objek ( penerima ). Kata kerjanya adalah KK pemberian contohnya ๆ•™ใˆใ‚‹ oshieru - mengajarkan / memberitahukan, ไธŠใ’ใ‚‹ ageru - memberi, ้€ใ‚‹ okuru - mengirim, 
ใ‚„ใ‚‹ yaru - memberi, ๅทฎใ—ไธŠใ’ใ‚‹ sashiageru - memberi dll

✨ ไพ‹ๆ–‡ Reibun - contoh kalimat :
่Šฑใซๆฐดใ‚’ใ‚„ใ‚Šใพใ™。
Hana ni mizu o yarimasu.
Memberi air kepada bunga ( menyiram bunga )

ๆฏใซๆ‰‹็ด™ใ‚’้€ใ‚Šใพใ™。
Haha ni Tegami o Okurimasu.
Saya Mengirim Surat untuk ibu.

ๅ…ˆ็”Ÿใฏ็งใซๆ•ฐๅญฆใ‚’ๆ•™ใˆใฆใ„ใพใ™。
sensei wa watashi ni suugaku o oshieteimasu.
Guru sedang mengajarkan matematika kepada saya.

ๆ˜จๆ—ฅ、็งใฏๅ‹้”ใซใŠๅœŸ็”ฃใ‚’้€ใ‚Šใพใ—ใŸ。
Kinou, watashi wa tomodachi ni omiyage o okurimashita.
Saya mengirimkan oleh oleh kepada teman.

Materi hari ini sampai disini dulu.
sampai jumpa di pertemuan selanjutnya..

ใ˜ใ‚ƒใพใŸ

ๆœฌๆ•™็จ‹(w3big.com)
่จ€่‘‰ Kotoba - Kosakata :
・ๆ•™ใˆใ‚‹ Oshieru - mengajarkan / memberitahukan
・ไธŠใ’ใ‚‹ Ageru - Memberi
・้€ใ‚‹ Okuru - Mengirim
・ใ‚„ใ‚‹ yaru - Memberi
・ๅทฎใ—ไธŠใ’ใ‚‹ sahsiageru - memberi
・่Šฑ Hana - bunga
・ๆฐด Mizu - air
・ๆฏ Haha - ibu
・ๆ‰‹็ด™ Tegami - Surat
・ๅ…ˆ็”Ÿ Sensei - guru
・็ง Watashi - Saya
・ๆ•ฐๅญฆ Suugaku - Matematika
・ๆ˜จๆ—ฅ kinou - Kemarin
・ๅ‹้” Tomodachi - Teman
・ใŠๅœŸ็”ฃ Omiyage - Oleh-oleh


๐ŸŒธ GM ๐ŸŽŒ / Bab-18 / Materi N5-089 / 2023

Menyisipkan Gambar

0 comments:

Posting Komentar

Tulis disini untuk pertanyaan